Senin, 21 November 2016

Muffin pisang

Alhamdulillah sering dapat kiriman pisang dan sampai lebih karena saking banyaknya, padahal sudah dibagikan ke tetangga juga. Pisang yang saya gunakan tidak selalu pisang ambon ya yang penting pisangnya wangi. Saya sudah menggunakan pisang susu menthok  (bhs jawanya) bentuknya mirip raja sereh cuma lebih besar, pisang mas, pisang ambon rasanya mirip smua.

Resep aslinya dapat dilihat di Joy of baking, terjemahan bagusnya bisa dilihat di Ordinary Kitchen judul aslinya Banana Bread berhubung saaya menggunakan cup jadi namanya ganti. Untuk isian disesuaikan de-ngan stok yang ada di rumah saja. Aslinya menggunakan kacang Walnut/Pecan saya ganti menggunakan choco chip atau kacang mede sangrai yang dicincang, atau kismis.

 Bahan:

1 cup kacang walnut ( saya menggunakan choco chip secukupnya)
230 gr tepung terigu protein sedang
150 gr gula pasir ( saya cuma 75 gr)
1 sdt BP
1/4 sdt soda kue
1 sdt kayu manis bubuk/bumbu spekuk
2 telur besar, kocok lepas (saya gunakan 3 telur kecil)
454 gr pisang tanpa kulit, hancurkan
113 gr margarin, cairkan

Caranya:
1. Panaskan oven de-ngan suhu 180 C
2. Campur semua bahan kering, aduk rata
3. Tuang telur, pisang. aduk balik de-ngan whisk. Jangan over mix mengaduknya nanti bisa bantat. biarkan tepungnya masih bergerindil.
4. Masukkan margarin cair dan isian, aduk asal tercampur
5. Masukkan dalam piping bag, gunting ujungnya
6. Tuang dalam cup muffin dibagian tengahnya sampai terisi 3/4 penuh
7. Masukkan oven, panggang kurleb 45 menit tergantung oven









Tidak ada komentar:

Posting Komentar