Jumat, 24 Juni 2016

Es Buah


Masih punya sisa buah Kesemek atau Persimmon untuk kakak. Ternyata kandungan buah kesemek lebih banyak dibandingkan apel. Buah lokal tak kalah dengan buah impor kan ;) Sekarang ini sedang panen raya buah kesemek sepertinya, sudah sebulan lebih masih mudah dicari. Padahal di luar sana buah kesemek diolah menjadi berbagai makanan, umumnya sebagai isian pie. Sebenarnya orang Indonesia yang dibodohi atau gengsi biar dibilang modern. Seperti Manggo Sticky Rice yang harus diimpor dari luar padahal dikampung juga ada ketan bungkus yang sederhana tanpa mangga tentunya J lha wong mangga musimnya cuman setahun sekali.
Saya lebih memilih buah lokal karena murah pastinya, lebih segar karena tanpa melalui proses shipping yang sampai berbulan-bulan, lebih variatif karena menyesuaikan dengan perubahan musim (betapa kayanya Indonesia J alhamdulillah) hanya beberapa jenis buah sepanjang tahun ada. Beberapa jenis buah sudah tidak pernah makan lagi saya di Jawa, kalo diluar Jawa masih banyak jenisnya.
Jenis buah yang digunakan bebass ya. Pokoknya yang tersedia di lemari masing-masing. Ramadhan seperti ini di pasar dekat rumah selalu ada yang jual cincau yang masih alami yang tidak padat dan warnanya tidak hitam pekat, sedikit ada rasa pahit berbeda dengan cincau yang padat dan kokoh entah Cuma pakai tapioka saja atau ada tanmbahan vaselin(pelumas untuk kaca). Satu Lagi agar-agar jadul dari rumput laut yang putih serat halus tapi bukan jenis Eugena(kalo Eugena biasanya buat manisan atau campuran es oyen) yang proses pengolahannya cukup lama kalau tidak bersih masih berbau amis. Jenis Rumput laut ini kalau di Bali biasa digunakan untuk sayur serombotan ataupun tipat canthok

dengan tambahan skm

Es Buah
Bahan:
1 sdm selasih, rendam air es
4 sdm cincau
4 sdm agar-agar jadul
2 buah salak,potong, kukus kurleb 15 mnt
1 potong pepaya
1 potong nenas
1 potong mangga
1-2 buah jeruk, peras(jika tidak pake susu)
1 buah kesemek, potong tipis
2 sdm kacang hijau rebus
Susu kental manis secukupnya tambah dengan sedikit air
Es batu jika suka
Caranyo:
1.       Es buah Jeruk: susun semua bahan di mangkuk, tuang dengan air perasan jeruk
2.       Es buah: Susun semua bahan air jeruknya diskip ya
3.       Hias sesuai selera bisa diberi toping parutan keju ato skm coklat
Versi sari buah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar