Jumat, 29 April 2016

Mie Buah Naga

Liat salah acara di stasiun TV yang buat mie pake kulit buah naga ^0^ langsung mupeng deh. Cari-cari resep akhirnya nemu resep di coopad tapi yang dibuat mie pelangi jadi saya sedkit modifikasi resepnya.

Tanpa tambahan bahan pengenyal pun palagi boraks mie ini sudah cukup kenyal dan tidak mudah putus. Di resep aslinya penambahan tapioka sebanyak 25% cukup membuat mie kenyal dan elastis. Percobaan pertama saya buat tanpa menggunakan telur mie tetap ok walaupun rasanya kurang guring. Dan yang kedua ini saya menambahkan telur cuma 1 rasanya sudah enak dan pemakaian tapiokanya saya kurangi menjadi 20% dari adonan terigu.

Saya baca-baca dibebrapa blog ada banyak resep tanpa penambahan air ki ataupun tapioka rasnya tetap kenyal kuncinya di waktu penggilasan adonan. Jadi adonan pertama kali digilas harus benar-benar licin tidak terlihat bagian tengahnya ada yang bergerindil. Ini mungkin dulu yang sering saya lakukan saya cuma menggilasnya beberapa kali, pokonya bentuknya dan lurus dan panjang langsung saya pipihkan sampai ukuran paling kecil. begitu dipotong mie banyak yangg putus :( lain kali saya akan coba lagi tanpa tapioka dan digilas sampai rata.

Penambahan cairan keadonan cukup adonan tepung menggumapal. tidak seperti membuat adonan roti yang cenderung kalis dan lembek. Ini akan mempengaruhi tektur mie setelah direbus adonan jadi cepat lembek. Kalo saya cairan seperti telur dan sayur saya masukkan terlebih dahulu baru kemudian air ditambahkan jika perlu.

Untuk mie kali ini karena buatnya lumayan banyak sekitar 500 gr adonan tepung jadi setelah saya kukus saya bagi adonan masing-masing 75 g rdan langsung saya jemur sampai kering dan saya simpan di lemari es.

Warnanya tidak semerah seperti ketika mentah karena saya menambahkan kunyit. Saya pikir warnanya akan tetap merah seperti ketika dikasih sayur hijau, ya iyalah secara warna hijau dikasih kunyit warnanya jadi lebih unuk-unyuk to :p

Mie Buah Naga
source: Donna Savitri@cookpad
modified by me

Bahan:
500 gr tepung cakra
100 gr tapioka
1 btr telur
2 bh kulit naga blender dengan sedikit air
1/3 buah naga
1 sdm minyak goreng
1 sdt garam
air secukunya

Cara membuat:
1. Campur semua bahan . Uleni sampai semua adonan menggumpal dan tercampur rata. Diamkan selama 30 menit supaya adonan lebih mudah digilas.
2. bagi adonan menjadi beberapa bagian. Gilas mulai dari yang tebal kalo saya punya yang tebal no.7 beberapa kali sampai benar-benar licin saya4 sampai 5. lakukan sampai adonan habis. turunkan terus ketebalannya gilas masing-masing sekali. jika dirasa bentuknya tidak bagus bisa diulang lagi. terakhir saya gunakan no.3 untuk adonan yang kecil tapi kalo mau mie gendut gunakan no. 4
Mie setelah digiling dan ditimbang
3. Sebelum mie dipotong lumuri dengan tapioka. Potong dengan mie yang kecil. Bagi adonan seberat 75 gr. kukus selama 10 menit. Jemur kering.
Setelah dikukus dan di jemur
4. Jika mau langsung di masak rebus mie menjadi beberapa bagian sekitar 6-10 menit seuai kekenyalan yang diinginkan. Tiriskan . Siap dimasak sesuai selera
Nasgor dan Mie Goreng Aceh :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar