Jumat, 29 April 2016

Talam Ubi Gulung

Iseng cari resep talam ubi akhirnya nemu yang versi gulung. Mumpung masih punya santan sisa buat kue lumpur akhirnya eksekusi juga hari jumatnya. takaran gula saya kurangi setengah dai tepung ternyata kurang manis.
Buat teman ngopi

Gara-gara liat pic diDP adek n mak-mak rempong jadi pengen. Hari minggu buat lagi tapi dengan 2 versi ubi merah dan ungu. sayang yang ungu tak sempat ambil gambarnya dah ribet dengan duo krucil. Ini pun mulai jam 3 pagi dikerjainnya supaya duo krucil tidak heboh didapur :D.

Sayangnya talam ini tidak tahan lama mungkin sekitar 10 jam-an di suhu ruang. jadi begitu dingin langsung simpan di lemari es ya jika tak langsung makan. Kata adek dia masih punya sisanya hari kamis dan masih enak katanya, berarti bisa disimpan selama 4 hari di lemari es ^-^

Talam ubi gulung
source. sedap sekejap

Bahan:
150 gr ubi merah kukus, halus
30 gr tepung beras
60 gr tepung sagu (sy pake tapioka)
150 gr gula pasir (sy pake 125)
garam
250 ml santan dari 1/4 btr kelapa
Bahan lapisan:
25 gr tepung beras
40 gr tepung sagu(sy tapioka)
1/4 sdt garam
250 ml santan kental
Ubi Ungu

Cara membuat:
1. Lapisan ubi: campur gula, ubi, dan tepung. didihkan santan tuang sedikit-sedikit smbil diaduk sampai rata. jika kurang halus blender. sisihkan.
2. siapkan loyang yang telah dioles minyak dan diberi alas plastik aslinya ukuran 24x24x4 cm saya pake 16x16x3 cm 2 buah. tuang adonan talam menjadi 2 bagian kemudian kukus selama 15 menit.
3. Pelapis: Campur semua bahan kering. tuang dengan santan hangat. aduk rata. tuang diatas talam. kukus kembali selama 15 menit.
4. balik talam yang sudah matang dan gulung. masih dalam kondisi panas ya supaya dapat rekat dengan baik. dinginkan. potong sesuai seleraa.

untuk 2 gulung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar