Selasa, 26 April 2016

Donat...Oh...Donat...

Membuat donat untuk konsumsi pribadi paling banyak cuma 1/2 kg aja gak masalah. Nah yang jadi masalah kalo harus buat lebih dari 3 kg atau sekitar 90 pcs. Secara mixer kapasitas kering cuma maks.400 gr lebih dari itu mesin mati lagi ;( tapi kenapa masih banyak yang suka dengan donat ya?? murah, besar daaannn....semua orang suka mulai dari anak-anak sampai orangtua.

beberapa catatan ketika membuat donat
1. Bagi beberapa adonan dalam jumlah kecil supaya lebih mudah mengulennya jika tidak punya heavy
2.Tambahkan dengan minyak padat atau semua pake minyak padat supaya permukaan kering
3. Uleni sampai benar-benar kalis karena ini menentukan keempukan donat

Ini resep donat ubi yang saya buat setelah selesai buat pesanan donat :) untuk jualan tetap resep donat ala a la bakery tetap best dari segi ukuran lebih besar dan lebih empuk sedang donat kentang empuk tapi gak bisa besar-besar seperti donat bakery. Saya pribadi lebih suka menggunakan ubi daripadaa kentang. teksturnya lebih empuk mungkin karena ubi kuning lebih lembek dibandingkan jenis yang lain jadi begitu dicampur adonan roti ataupun kue tetap moist.

hati-hati untuk penambahan tepung karena adonan yang dicampur dengan ubi biasanya cenderung lengket di tangan seperti menggunakan metode water roux. jadinya kita ada keinginan untuk menambahkan tepung supaya tidak lengket. Pemakaian air hanya secukupnya saja sampai adonan menggumpal.

Pembuatan donat ubi untuk waktu fermentasinya cukup lama menurut saya entah karena terlalu manis atau cuacanya yang agak dingin.

Donat Ubi Kuning
By Me
Bahan:
250 gr terigu protein tinggi
50 gr ubi kuning
1 btr telur
25 gr gula
50 gr margarin
3 gr yeast instan
2 gr garam
10 gr susu bubuk
100 ml air

Cara Membuat:
1. Aduk semua bahan kecuali margarin. penambahan air tidak semuanya secukupnya saja. Uleni sampai kalis baru tambah dengan margarin. Uleni lagi.
2. Setelah kalis diamkan adonan kurleb 1 jam atau sampai mengembang 2 kalilipat. bagi adonan seberat 50 gr atau sesuai selera, bulatkan dan diamkan lagi selama 10 menit.
3. pipihkan adonan dan beri isian atau langsung lubangi bagian tengahnya, diamkan sampaimengembang selama 1 jam.
4. panaskan minyak goreng sampai kuning kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar