Rabu, 15 November 2017

Pie Brownies

Assalamualaikum...
Ngebrownies lagi yak...cocok buat teman ngeteh dan kumpul-kumpul. Kali ini saya coba pie crust hanya pakai kuningnya saja. Menurut saya lebih cocok untuk pie brownies kalau yang pakai telur utuh enakan buat pie buah mini lebih kokoh. Untuk pemakain gula pada pie crustnya brownies jangan terlalu banyak karena akan dilakukan pemanggangan 2 kali biar tidak hangus yak seperti punya saya ini 😅

Resep pie crust yang saya gunakan sama hanya tanpa putih telur. Jika menggunakan putih telur adonan harus disimpan di chiller min 1 jam saya biasanya semalam supaya tidak melawan waktu digilas. Kalau hanya pakai kuningnya saja bisa langsung cetak.

Pie crust bisa dibuat sehari sebelumnya karena agak lama untuk proses pencetakannya jika membuat dalam jumlah banyak. Pemanggangan cukup setengah matang saja supaya tidak hangus setelah diberi isian. Saya 20 menit saja untuk pemanggangan.

Untuk browniesnya saya menggunakan brownies 1/2 kg dengan beberapa penyesuaian. Gunakan coklat kualitas yang bagus untuk memperoleh rasa yang yummy.
Supaya keluar shiny crustnya panggang dengan suhu tinggi. Untuk mengetahui brownies sudah matang atau belum saya lihat bagian tepinya sudah kering dan bagian tengahnya jika disentuh tidak lengket. Jika menunggu semua bagian padat setelah dingin rasanya seperti bolu dan tidak moist lagi. Waktu pemanggangan tidak lebih dari 30 menit.

Pie Brownies
By Avit

Pie crust
Bahan:
500 gr margarin
100 gr gula halus
3 btr telur
4 sdm air es
1 kg terigu protein rendah

Brownies
Bahan:
500 gr telur
600/650 gr gula pasir halus
450 gr terigu
50 gr coklat bubuk
1 sdt penuh bp
250 ml minyak goreng
250 gr margarin
500 gr DCC

Cara:
Pie Crust:
1. Kocok margarin dan gula halus sampai lembut. Masukan telur satu per satu sambil dikocok. Masukkan air es, aduk rata.
2. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai adonan berbutir-butir.
3. Simpan dalam chiller jika menggunakan telur utuh. Jika menggunakan kuning telur saja diamkan 30 menit.
4. Ambil adonan sebesar telur. Gilas tipis. Rapikan dalam cetakan. Tusuk-tusuk bagian dasar supaya tidak menggelembung waktu dipanggang.
5. Oven selama kurleb 20 menit.

Brownies:
1. Ayak terigu, coklat bubuk dan bp. Sisihkan.
2. Tim DCC dan margarin sampai coklat leleh. Masukkan minyak goreng aduk rata. Dinginkan.
3. Kocok telur dan gula sampai gula larut.
4. Masukkan campuran terigu, aduk rata. Masukkan campuran DCC, aduk rata.
5. Panaskan oven suhu 180-200 C
6. Masukkan pie crust dalam cetakan pie. Tuang brownies 3/4 cetakan.
7. Panggang kurleb 20-25 menit, tergantung oven.
8. Dinginkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar