Kamis, 16 November 2017

Puding Lapis

Assalamualaikum...
Di rumah bukan penggemar puding kecuali saya 😊 kalau saya semua mah doyan. Untuk puding yang satu ini juara deh cuma 2 hari sudah habis daan semuanya suka 😘😘 

Untuk porsi besar ada dipostingan sebelumnya yah. Ini saya buat cuma 1/3 resep jadinya loyang tulban 18 cm. Untuk coktail saya ganti dengan stok buah yang ada. Saya tidak menambahkan vla untuk penyajiannya.

Saya menggunakan agar jelly jadi pemakaian airnya lebih banya dari agar agar bubuk yang biasa. Bisa juga mix 1 bungkus agar agar bubuk dan 1 bks jelly yang kecil. Saya menambahkan gelatin untuk mendapatkan tekstur yang padat tapi lembut. Gunakan yang halal ya. Di tbk sudah banyak kok, ada 2 macam serbuk dan lembaran. Tanyakan ke penjualnya jika ragu, saya gunakan gelatin*. Tanpa penambahan gelatin bisa diganti dengan kristal jelly tapi di tbk dekat rumah tidak ada 😅. Pemakaian airnya bisa dikurangi, ini kemarin saya menggunakan air sesuai yang tertera dikemasan next saya gunakan 900 ml saja.

Jika ingin rasanya lebih lebih legit ganti susu bubuk dengan skm. Saya gunakan yang ada saja. Kecuali jika buat full resep ya.

Saya masih sangat awam untuk perpudingan. Jadi inipun masih belajar ya. Untuk menuang lapisan berikutnya sentuh lapisan terakhir jika sudah tidak lengket berarti lapisan berikutnya bisa dituang, tapi pakai sendok sayur ya coz kemarin saya langsung tuang ada adonan yang masuk ke lapisan kuningnya 😯 Untuk lapisan kuning bisa menggunakan kuning telur saja jika menginginkan hasil yang lembut. Kemarin saya campur semua. Jangan lupa kocok telur terlebih dahulu kemudian beri 1 sendok sayur larutan agar kemudian aduk cepat baru dituang ke larutan agar yang banyak. Jika kocokan telur langsung dituang telur akan membentuk serabut halus dan tidak tercampur sempurna dengan agar. Saya tambahkan kunyit bubuk sedikit unruk mempercantik warnanya.
Puding Lapis Biskuit
By Avit

Bahan:
1 bks agar hoki**
1000 ml air matang
150 gr gula pasir
1 sdt gelatin bbk, rendam dg 1 sdm air
Biskuit marie sec (sy bis. Kelapa)

Lapisan kuning
2 sdm susu bbk
Sedikit kunyit bbk
2 btr kuning telur(sy 1 btr telur)
1/2 sdt margarin

Lapisan hijau
2 sdm susu bbk
Pasta greentea sec
125 gr coktail buah(sy buah yg ada di rumah)

Cara membuat:
1. Rebus agar sampai mendidih.
2. Atur biskuit dalam loyang.
3. Siram perlahan dengan larutan agar sebanyak 6 sendok sayur.
4. Ambil 6 sendok sayur tambahkan dengan margarin, susu dan kunyit bbk. Masak lagi sampai susu larut. Kecilkan api.
5. Kocok telur, ambil 1 sendok sayur larutan agar. Aduk cepat. Tuang ke dalam larutan agar. Aduk-aduk sampai tercampur rata dan mendidih.
5. Tuang dengan sendok sayur. Sisihkan.
6. Masak sisa agar dengan susu bbk. Biarkan sampai mendidih. Matikan api. Tambahkan dengan pasta.
7. Jika lapisan kuning sudah agak padat tuang yang hijau perlahan. Atur buah diatasnya. Biarkan uap panasnya hilang.
8. Dinginkan sampai set.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar