Kamis, 27 April 2017

Sirup Markisa


Bismillah

Panas-panas begini paling enak minum yang segar ya bun. Yuk buat sendiri sirup buah. Contohnya ya markisa ini bun. Gak sampai 30 menit sudah jadi ☺

Buah markisa ini banyak manfaatnya lho walaupun rasanyaa manis masam 😀😅. Saya paling suka yang isinya putih coz itu yang paling manis menurut saya ya 😊. Saya urutkan dari yang paling manis yang pernah saya coba. 
Pertama, yang kulitnya berwarna kuning tua dan wangi, isi dalamnya berwarna putih. Seperti gambar 👇

Kedua, yang kulitnya ungu kecoklatan tidak terlalu wangi dan isinya berwarna kuning muda.
Ketiga, kulit luarnya kuning bergaris kecoklatan tidak terlalu wangi dan isinya kuning.
Keempat, ini juaranya 😍😂 ya wanginya ya rasanya. Kulit luar kuning isinya orange seperti yang di gambar ya.

Resep aslinya jadi selai markisa jadi kalo mau minum harus diseduh air panas. Jadi saya modifikasi sesuai selera saya ya 😉 

Sirup Markisa
Bahan:
500 ml isi markisa dari kurleb 1 kg buah
1 kg gula pasir
300 ml air matang
Garam sedikit

Caranya:
1. Blender markisa sebentar saja jangan sampai bijinya hancur. Tanpa air ya.
2. Rebus air dan gula sampai gula larut dan mendidih. Beri garam.
3. Masukkan markisa yang sudah diblender. Aduk dan matikan api. Dinginkan.
4. Saring dengan saringan mie untuk memisahkan bijinya.

Note: sebaiknya gunakan panci berenamel atau stainless karena markisa bersifat asam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar