Minggu, 19 Agustus 2018

Tumpeng Kue

Assalamualaikum....
Iseng iseng buat tumpeng kue basah, inginnya seperti gunungan macam cake tier tapi sayang pakai steirofoam habis pakai buang, belinya mahal 😱😂😂 kuenya ukuran standar bukan yang mini. Pakai tampah yang besar isinya kurang lebih 50 pcs tanpa tumpengnya.
Untuk wajik ketan oles cetakan dengan minyak goreng atau margarin tipis tipis. Padatkan biarkan agak set, kalau saya punya karena belum set akhirnya wajiknya melebar ke samping.

Yang kecoklatan bentuk segitiga lemper goreng untuk isian saya menggunakan abon ayam dan sapi homemade.

Kue peparenya ada sedikit drama karena santan yang digunakan kurang panas jadi adonannya lembek sekali saya tambahkan tepung beras dan tepung ketan lagi hampir 2 sdm adonan tetap lembek 😅😅 akhirnya coba dikukus ternyata bentuknya tidak meleber. Akhirnya simpan di kulkas semalam supaya bentuknya set.

Talam abonnya masih agak keras menurut saya. Resepnya cuma kira aja.

Untuk onde-onde saya pakai tambahan kentang pada kulitnya. Uleni adonan hingga kalis. Saya menggunakan air panas kemudian diulen hingga kalis dan kemarin saya coba menumbuknya, alhamdulillah setelah dingin bentuknya tetap bulat dan kulitnya lembut. Biasanya saya hanya uleni sampai kalis, jika adonan didiamkan menjadi agak keras saya celup sedikit ke air dan diulen lagi baru diisi setelah digoreng bentuk onde-ondenya menyusut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar